4 Cara Dalam Memilih Sleeping Bag

Sleeping bag agaknya menjadi perlaatan wajib saat mendaki gunung. Sleeping bag memiliki fungsi utama untuk menghangatkan tubuh saat berada di gunung yang notabene memiliki udara yang dingin. Di pasaran kini telah beredar berbagai jenis sleeping bag dengan bermacam harga dan model. Namun bagaimana memilih sleeping bag yang tepat untuk melakukan kegiatan pendakian?

Macam - macam Sleeping Bag

Berikut adalah 4 Cara Dalam Memilih Sleeping Bag :
 

Sesuaikan Dengan Tujuan

Pertimbangan pertama saat anda akan memilih sleeping bag adalah tujuan atau destinasi anda saat bepergian. Sleeping bag dibuat dengan desain dan bahan yang berbeda-beda disesuaikan dengan tujuan bepergian. Apakah anda akan menggunakan sleeping bag di gunung atau hanya sekedar travelling? Tujuan anda ini akan menentukan jenis, harga, dan bahan sleeping bag yang anda pilih. Jadi sebelum membeli, tentukan dulu destinasi anda, jangan sampai anda membeli sleeping bag yang salah. Misalnya sleeping untuk travelling atau backpacker akan memiliki bahan yang lebih tipis dibandingkan dengan sleeping bag yang digunakan untuk mendaki gunung.

 

Bahan Sleeping Bag

Hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan anda adalah bahan dari sleeping bag tersebut. Sleeping bag dibuat dengan berbagai macam bahan diantaranya adalah : (1) parasit; bahan parasit akan memiliki bobot yang cukup ringan, bahan parasit bisanya dilapisi dengan kapas atau bulu di bagian tengahnya yang akan membuat anda lebih hangat, (2) sitetis; sleeping bag dengan bahan sintetis adalah sleeping bag yang sangat disarankan jika anda hobi melakukan pendakian, Karen bahan sintetis ini ringan dan mudah kering, (3) Dacron/polar; kedua bahan ini memiliki keunggulan tersendiri, bahan Dacron lebih ringan dibandingkan dnegan bahan polar, namun bahan polar dengan bobot yang berat memberikan kehangatan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan dacron.

Bentuk Sleeping Bag

Secara umum bentuk sleeping bag terbagi ke dalam dua macam, yaitu sleeping bag dengan bentuk mumi dan sleeping dengan bentuk tikar. Sleeping bag dengan bentuk tikar biasanya lebih disukai oleh mereka yang hobi melakukan travelling atau backpacker. Hal ini disebabkan model tikar dapat dialihfungsikan menjadi selimut. Sleeping bag dengan bentuk mumi akan lebih sering dipilih oleh mereka yang hobi melakukan kegaiatan di alam bebas. Sleeping bag jenis mumi ini umumnya lebih hangat dibandingkan dengan sleeping bag dengan jenis tikar. Sekali lagi tergantung kebutuhan anda. Jika anda lebih sering melakukan travelling maka pilihlah sleeping bag dengan jenis tikar sedangkan jika anda lebih sering mendaki gunung maka pilihlah sleeping bag dengan model mumi yang lebih hangat. Sleeping bag lain juga anda yang memiliki bentuk dengan lubang pada tangan, sleeping bag ini membuat penggunanya lebih mudah bergerak dibandingkan dengan model mumi atau tikar.


Harga Sleeping Bag

Harga menentukan kualitas. Di pasaran banyak beredar sleeping bag dengan harga seratus ribuan hingga jutaan rupiah. Tentu saja sleeping dengan harga yang lebih tinggi akan memberikan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan sleeping bag dengan harga yang murah.

Sleeping bag harus digunakan dengan baik dan benar. Jika akan menggunakan sleeping bag sebaiknya lepaskan jaket waterproof anda. Memakai jaket waterproof di dalam sleeping bag akan menghambat proses pelepasan uap tubuh anda, hal ini dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi. Adakalanya sleeping bag akan menjadi dingin jika berada pada suhu yang rendah, untuk mengatasinya anda dapat memasukan botol berisi air hangat ke dalam sleeping bag sebelum digunakan. Banyaklah bergerak sebelum menggunakan sleeping bag, hal ini juga akan membuat sleeping bag terasa lebih hangat ketika digunakan.

0 Response to "4 Cara Dalam Memilih Sleeping Bag "

Posting Komentar