WANADRI : Komunitas Pecinta Alam Terbesar Di Indonesia

Wanadri adalah perhimpunan penempuh rimba dan pendaki gunung yang berdiri sejak 16 Mei 1964 di Bandung. Sebagai organisasi pecinta alam tertua di Indonesia, Wanadri telah melakukan berbagai kegiatan pendakian serta penjelajahan gunung, hutan, sungai, lautan dan angkasa, baik di dalam maupun di luar negeri demi Bangsa dan Tanah Air Indonesia. Wanadri juga aktif dalam berbagai kegiatan SAR dan sosial untuk pertolongan korban kecela kaan atau bencana alam di daerah-daerah yang sulit dicapai seperti pencarian pesawat hilang, tsunami, gempa bumi, longsor, banjir dan lain sebagainya.

Wanadri, Komunita Pecinta Alam Tertua di Indonesia

Sesuai dengan hakekatnya : “Wanadri itu mengembara menempuh daerah-daerah demi kepentingan Tanah Air dan Ilmu Pengetahuan”
 

HAKIKAT WANADRI

  1. Wanadri itu mengembara dan menempuh daerah–daerah demi kepentingan tanah air dan ilmu pengetahuan.
  2. Wanadri itu sanggup menolong sesama hidup setiap waktu.
  3. Wanadri itu sahabat sesama manusia dan saudara bagi tiap–tiap Wanadri lainnya.
  4. Wanadri itu sabar dan riang gembira dalam menghadapi segala persoalan.
  5. Wanadri itu taat dan hormat pada adat istiadat dan peraturan daerah yang dilalui.
  6. Wanadri itu ramah dan bersikap bersahabat kepada penduduk setempat yang dilalui.
  7. Wanadri itu wajib menjaga keutuhan alam dan seluruh isinya.

JANJI WANADRI

Demi kehormatanku aku berjanji bersungguh-sungguh:
  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Tanah Air, dan Undang-undang Negara
  2. Berjiwa patriot Pancasilais sejati, berani berkorban demi keadilan dan kebenaran
  3. Menjunjung tinggi nama baik dan derajat perhimpunan serta mentaati segala peraturannya
  4. Bertindak sopan dan hormat terhadap sesama manusia dan bersikap setia kawan terhadap sesama anggota-anggota perhimpunan

Janji yang telah diikrarkan kemudian diterjemahkan kedalam bentuk misi yang diemban oleh Wanadri. Misi tersebut dirangkum dalam sebuah uraian Hakekat Wanadri yang merupakan pokok-pokok pikiran yang menjadi landasan kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh Wanadri.

PANDOE PENEMPOEH RIMBA

Gagasan untuk mendirikan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung WANADRI dicetuskan oleh sekelompok mantan Pandu pada Januari 1964. Gagasan tersebut kemudian diresmikan pada 16 Mei 1964. WANADRI adalah Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung atau kumpulan sekelompok orang yang mencintai kehidupan di alam bebas. WANADRI adalah organisasi —atau bisa dipandang sebagai “masyarakat yang memiliki tradisi yang khas”— yang mempunyai aturan dan norma-norma, yang tertulis maupun tak tertulis, yang senantiasa berlaku dan dihormati oleh anggotanya.
 
Pengembaraan di gunung-gunung dan hutan rimba yang lebat; jurang-jurang yang dalam; tebing-tebing terjal; bergulat dengan arus deras, riam dan jeram di sungai; disadari atau tak disadari, tentu akan memberi pengaruh pada bentuk karakter, pribadi seseorang. Berbagai rintangan yang dihadapi dalam pengembaraan akan membuat orang menjadi lebih tabah, tidak mudah putus asa. Di tengah kebesaran alam —dalam keindahan dan mungkin keganasannya— seorang WANADRI akan semakin menyadari Keagungan Tuhan Sang Maha Pencipta.
 
Baca Juga : Kode Etik pecinta Alam 
 

Mengenal Wanadri,Komunitas Pecinta Alam Tertua Di indonesia

Dasar Pemikiran“ Saudara-saudara, kita 350 tahun ikut-ikut, lantas mendjadi orang jang berpikir “penny-wise, proud and foolish”. Jang tidak mempunjai imagination, tidak mempunjai konsepsi-konsepsi besar, tidak mempunjai keberanian – Padahal jang kita lihat di negara-negara lain itu, Saudara-saudara, bangsa-bangsa jang mempunjai imagination, mempunjai fantasi-fantasi besar, mempunjai keberanian, mempunjai kesediaan menghadapi risiko, mempunjai dinamika ”.
 
(Kutipan pidato Presiden Pertama RI Soekarno, Semarang 1956)
besar, bangsa yang diperhitungkan di mata dunia. Juga perjuangan para pendaki Indonesia terdahulu yang telah berani mempertaruhkan segalanya demi mengharumkan nama Bangsa Indonesia, tetapi belum diberikan kesempatan untuk berhasil dan bahkan ada yang sampai menghembuskan nafas terakhirnya dalam proses pencapaian ke tujuh atap dunia. Tetapi api semangat yang pernah mereka nyalakan jangan sampai padam, perjuangan mereka harus diteruskan, cita-cita mereka telah menjadi cita-cita bangsa, maka kita wajib meneruskannya, kegagalan-kegagalan mereka adalah suatu warisan pelajaran yang tak terhingga.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi di sepanjang jalan menuju kesana. Tantangan yang tidak dapat kita lewati tanpa dibekali semangat dan keberanian yang didasari oleh karakter bangsa yang kuat. Semoga cita-cita ini menjadi cita-cita kita bersama, dan perjuangan ini menjadi perjuangan kita - Bangsa Indonesia.
 
 
Mengibarkan “merah putih” di puncak - puncak tertinggi di 7 benua mungkin hanya sepenggal kisah petualangan diantara sedemikian banyak dimensi kehidupan. Tetapi, keagungan “merah putih” yang berkibar di puncak-puncak tersebut dapat membuka mata bangsa indonesia dan menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia Bisa !

1 Response to "WANADRI : Komunitas Pecinta Alam Terbesar Di Indonesia"

  1. Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa garut,sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari KI SULTAN AGUNG sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh yakin dan melaksanakan apa yang di sampaikan KI SULTAN AGUNG, semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari alhamdulilah akhirnya KI SULTAN AGUNG membantu saya pesugihan dana gaib 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di JOGJA, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SULTAN AGUNG di 085242892678 atau kunjungi websitenya agar lebih di mengerti www.rajauanggaib.com tidak lansung datang ke jawa juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. alhamdulillah hasilnya sama baik

    BalasHapus